Kebijakan dan Dukungan Perusahaan dalam Memanfaatkan Keahlian dan Pengalaman Lansia untuk Tetap Bekerja (Studi Kasus pada Negara Jepang)

Suryadi Suryadi

Abstract

Banyak lansia Jepang yang masih tetap bekerja di tempat yang sama seperti sebelum pensiun. Sebagian pekerja lansia menyetujui dengan adanya kebijakan pengkaryaan kembali yang diterapkan pada perusahaan Jepang, karena kurangnya sumber daya manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan lansia Jepang yang dipekerjakan kembali di perusahaan industri manufaktur, mengetahui faktor apa yang mempengaruhi perusahaan Jepang untuk mempekerjakan lansia yang sudah pensiun dan menganalisis pengaruh pekerja lansia terhadap perekonomian Jepang. Beberapa lansia Jepang mengetahui tujuan dan alasan terkait adanya kebijakan Pemerintah Jepang, yang menghimbau hal tersebut di perusahaan mereka dan menyatakan setuju dengan adanya kebijakan seperti ini. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perusahaan Jepang untuk mempekerjakan lansia yang sudah pensiun antara lain disebabkan meningkatnya angka harapan hidup, himbauan Pemerintah Jepang kepada masyarakat untuk mempekerjakan lansia, untuk meningkatkan produktivitas perusahaan, transfer keahlian dan gaji yang lebih murah serta sistem kontrak kerja. Berdasarkan uji regresi linear berganda, dapat diketahui elastisitas tenaga kerja pada pekerja lansia Jepang dengan kelompok umur 65 tahun ke atas sebesar 0,181, elastisitas tenaga kerja lansia dengan kelompok umur 55–64 tahun lebih tinggi yakni sebesar 0,398 dan elastisitas tenaga kerja lansia dengan kelompok umur 15-54 tahun paling tinggi bila dibandingkan dengan kelompok umur lainnya yang mencapai 1,476.

Full text article

Generated from XML file

References

Abas, A. 2018. Analisis Implementasi Kebijakan Abenomics di Jepang Tahun 2013 – 2017. Ejournal Ilmu Hubungan Internasional 6 (2) : 443-458.
Casey, B. H. 2005. The Employment of Older People : Can We Learn From Japan ? The Ganeva Papers 30 : (620-637).
Kobayashi, N. 2019. The hidden potential of Japan's older workers. Nikkei Asian Review. https://asia.nikkei.com
Kumbadewi, L.S., I.W. Suwendra dan G.P.A.J Susila. 2016. Pengaruh Umur, Pengalaman Kerja, Upah, Teknologi dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan. e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen Volume 4 : 1-11.
Margaretha. 2013. Penerapan Metode Transformasi Logaritma Natural dan Partial Least Square Untuk Memperoleh Model Model Bebas Multikolinear dan Outlier. Jurnal Mat Stat, Vol. 13(1) : 42-51.
Martin, J. and J. Jaussaud. 2018. Prolonging Working Life in Japan : Issue and Practices for Elderly Employment in an Ageing Society. Contemporary Japan, DOI : 10.1080/18692729.2018.1504530.
Matanle, P. and K. Matsui. Lifetime Employment in 21st Century Japan, Stability and Resilience Under Pressure in Japanese Management System. In : Horn, S. A. (Ed.). 2011. Berlin. Emerging Perspectives in Japanese Human Resources Management.
Maestas, N., K.J. Mullen, and D. Powell. 2016. The Effect of Population Aging on Economic Growth, The Labor Force and Produktivity. Published by the RAND Corporation. California.
Martin, L. G. 1982. Japanese Response to an Ageing Labour Force. Population Research and Policy Review. 1 (1) : 19-
41.
Nagarajan, R.N., A.A.C. Teixeira and T. Silva. 2016. The Impact of an Ageing Population on Economic Growth: an exploratory review of the main mechanisms. Analize Social, 218(1) : 4-35.
Osaka, M. Japan : Towards Employment Extension for Older Worker. In : Taylor P (Ed.). 2018. Ageing Labour Forces. Massachusetts. Edward Elgar Publishing, Inc.
Pebriani, Irma dan O. Amril. Kehidupan Roujin (Lansia) Jepang Dewasa Ini. Jakarta. Universitas Bung Hatta.
Portal HR. 2009. Merekrut Karyawan Pensiun, Kenapa Tidak ? www.PortalHR.Com
Sakariah, D. S. 2010. Kondisi Pekerja Senior Pasca Pensiun Setelah Dikaryakan Kembali Dalam Perusahaan Manufaktur Jepang. Izumi. 5(1) : 40-46.
Sakariah, D. S. 2015. Kebijakan Pengkaryaan Kembali Pekerja Senior Jepang Pasca Pensiun (Sudut Pandang Perusahaan Manufaktur ). Izumi. 4(2) : 32-41.
Sari, E. K. 2016. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Pada Lansia. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.
Tahara, T. Elderly Employment in a Society of Population Decline. In : Sugeno K (Ed.). 2017. Japan Labour Issues 10. Tokyo. The Japan Institute for Labour Policy and Training.
Williamson, J. B. and M. Higo. 2007. Older Workers : Lesson From Japan. Massachuset. Center for Retirement Research.

Authors

Suryadi Suryadi
Author Biography

Suryadi Suryadi, Pusat Penelitian dan Pengembangan Ketenagakerjaan, Kementerian Ketenagakerjaan

 

 

Suryadi, S. (2019) “Kebijakan dan Dukungan Perusahaan dalam Memanfaatkan Keahlian dan Pengalaman Lansia untuk Tetap Bekerja (Studi Kasus pada Negara Jepang)”, Jurnal Ketenagakerjaan, 14(2). Available at: https://journals.kemnaker.go.id/index.php/naker/article/view/63 (Accessed: 24 February 2024).

Article Details