How is the Internet Usage Pattern among Women Self-Employed? An Analysis of the National Labor Force Survey (Sakernas)
Abstract
Di era digital ini, perempuan cenderung keluar dari pekerjaan formalnya untuk berwirausaha. Mereka masuk ke wirausaha karena menawarkan lebih banyak waktu di rumah sehingga mereka tetap bisa mengurus rumah tangga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola penggunaan Internet yang dilakukan oleh perempuan yang berwirausaha yang sudah menikah. Studi ini menginvestigasi fenomena tersebut dengan menganalisis data Survey Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) dan mereview berbagai literatur yang sudah ada sebelumnya khususnya mengenai perempuan yang berwirausaha yang memanfaatkan Internet sebagai alat teknologi digital dalam pekerjaannya guna menunjang kinerja usahanya, sedangkan penelitian sebelumnya hanya berfokus pada pengukuran frekuensi. mengakses aplikasi Internet dan mengabaikan status perkawinan mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik orang yang menggunakan Internet untuk melakukan pekerjaan utamanya kebanyakan berasal dari daerah perkotaan, tamat pendidikan tingkat SMA, terbilang muda, dan sudah menikah. Adapun perempuan yang berwirausaha baik yang sudah menikah maupun yang belum menikah memiliki kecenderungan mengakses internet agar dapat memberikan kemudahan bagi mereka dalam berkomunikasi dengan konsumen, mempromosikan produk mereka dan bertransaksi dengan konsumen.
Full text article
Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.